KH Hasyim Asyari Tak Masuk Daftar Pahlawan, Fraksi PPP Jateng Kirim Nota Protes ke Kemendikbud

MASRUHAN_4
KH Hasyim Asyari Tak Masuk Daftar Pahlawan, Fraksi PPP Jateng Kirim Nota Protes ke Kemendikbud
21/04/2021
dialog-nala
DIALOG INTERAKTIF Bersama Mahasiswa UNDIP
05/05/2021

KH Hasyim Asyari Tak Masuk Daftar Pahlawan, Fraksi PPP Jateng Kirim Nota Protes ke Kemendikbud

Masrukhan

Semarang - Tak adanya nama KH Hasyim Asyari dalam buku kamus sejarah menuai protes banyak kalangan. Salah satunya yakni Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Jawa Tengah.

Tak tanggung tanggunh bahkan PPP mengirim surat nota protes kepada Pemerintah Pusat dalam Hal Ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Ketua Fraksi PPP Jawa Tengah Masruhan Samsurie mengatakan nota protes itu telah diterbitkan pada 20 April 2021 kemarin. Nota protes itu, lanjutnya mendesak pemerintah RI menarik kembali peredaran kamus sejarah itu.

"Kami meminta Pemerintah RI dalam Hal ini Kemendikbud RI untuk menarik buku Kamus Sejarah Indonesia yang sudah banyak beredar di masyarakat karena tidak mencantumkan KH Hasyim Asy'ari dalam deretan pahlawan nasional," kata Masruhan, di Kantor DPRD Jateng, Rabu (21/4).

Pasca penarikan, lanjutnya, pihaknya meminta pemerintah agar memperbaiki buku tersebut dan memasukan nama KH Hasyim sebagai pahlawan nasional.

Dia lantas menyebut Memang penguasa punya potensi untuk mempolitisasi sejarah untuk kepentingan kekuasaannya. Pada rezim Orba juga terjadi penyembunyian fakta sejarah yang sebenarnya terhadap proses turunnya Supersemar yang kontroversial.

"Namun untuk kasus buku Kamus Sejarah Indonesia yang memicu kemarahan sebagian masyarakat saya kira sebuah kecerobohan pada tingkat tim perumus pembuatan buku tersebut dimana buku tersebut dalam informasinya sudah disiapkan sebelum menteri Nadiem Makarim," tegasnya.

Hal itu ia sampaikan karena pihaknya sangat tahu bahwa presiden Jokowi sangat menghargai perjuangan KH Hasyim Asyari dan warga NU dalam kecintaannya terhadap bangsa Indonesia. (kuasakata.com)</p>

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *