PPP Jateng Ajak Umat Islam Tetap Salati Pasien Covid-19 yang Meninggal

Masruhans435
PPP Jateng Berharap Rumah Ibadah Tak Ditutup Selama PPKM Darurat
04/07/2021

PPP Jateng Ajak Umat Islam Tetap Salati Pasien Covid-19 yang Meninggal

8-Ketua-Fraksi-PPP-1008x630

Semarang - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Jawa Tengah (DPW PPP Jateng) mengajak umat islam untuk tetap menyalati pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Sebab, menyalati seseorang yang meninggal dunia, hukumnya bersifat wajib.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPW PPP Jateng Masruhan Samsurie.

Berpijak dari hal itu, kata dia, maka umat islam pun tetap harus menyalati pasien corona yang meninggal dunia.

"Kalau dalam suatu kampung atau RT ada warga yang menyalati, maka umat islam disitu tidak dikenai dosa. Tapi kalau tidak ada yang menyalati sama sekali, maka orang sekitar yang meninggal itu akan dikenai dosa," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya pun memahami situasi covid-19 saat ini. Demi kesehatan bersama, maka salat untuk jenazah covid-19 tidak harus di dalam ruangan masjid atau mushalla. Bisa juga digelar di sekitar rumah ibadah yang dirasa sangat aman.

"Jangan di dalam Mushalla atau masjid. Di luar masjid atau mushalla juga boleh. Kalau diluar kan bagus tuh, sirkulasi udaranya ada dan ini baik untuk kesehatan. Yang penting salatnya tetap menghadap kiblat," tegas dia.

Selain itu, jamaah yang melakukan salat tetap harus patuh protokol kesehatan. "Tetap harus jaga jarak, pakai masker dan lain sebagainya," tandas Masruhan. (kausakata.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *