PPP Soroti SKTM Palsu untuk Mendaftar Sekolah

cagub1368910533
Rekapitulasi, Ganjar-Yasin Unggul 3 Juta Suara atas Sudirman-Ida
08/07/2018
Cak-Imin-Rommy-696x438
Jawa Dikuasai PPP, JOIN Gagal?
09/07/2018

PPP Soroti SKTM Palsu untuk Mendaftar Sekolah

156-waketum_ppp_arwani_thomafi

Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan menyoroti adanya temuan surat keterangan tidak mampu yang diduga palsu, manipulatif dan bohong yang disertakan dalam berkas persyaratan mendaftar ke sekolah di beberapa daerah di Tanah Air.

Pernyataan disampaikan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR Arwani Thomafi di Jakarta, Minggu, terkait praktik pemalsuan surat keterangan tidak mampu (SKTM) untuk masuk sekolah yang terjadi di sejumlah daerah.

"Pengungkapan sejumlah fakta di lapangan soal pemalsuan SKTM oleh calon peserta anak didik sungguh memprihatinkan kita semua" kata Arwani Thomafi.

Fakta ini menegaskan nilai-nilai Pancasila tidak terinternalisasi dengan baik oleh orang tua maupun anak didik.

"SKTM `bodong`, nilai Pancasila belum terinternalisasi dengan baik" katanya.

Sikap curang, manipulatif serta membohongi diri sendiri sejatinya merupakan hal yang mendasar yang harus dihindari dalam kehidupan sehari-hari yang notabene merupakan esensi dari nilai ajaran agama dan nilai Pancasila yang menjadi dasar bernegara.

Pemerintah daerah dan pihak sekolah harus menjadikan praktik manipulatif ini untuk melakukan koreksi total dalam memperlakukan calon anak didik. Proses verifikasi secara ketat harus dilakukan secara berlapis dengan memanfaatkan jejaring struktur pemerintahan mulai dari tingkat RT/RW, desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten dan kota.

Lebih dari itu pengajaran bidang agama dan Pancasila semestinya tidak sekadar formalitas pemenuhan mata pelajaran.

"Lebih dari itu penguatan karakter anak didik harus senantiasa dilakukan secara berkesinambungan" kata Arwani Thomafi . (antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *